Sabtu, 07 Mei 2011

APA YANG KITA MOHON KEPADA ALLAH KETIKA BERWUDLU

APA YANG KITA MOHON KEPADA ALLAH KETIKA BERWUDLU
Oleh Muhamad Subhan, S.Pd.,M.Pd.

Sering aktivitas wudlu hanya bersifat lahiriah, sedangkan hal-hal yang bersifat rohaniah terabaikan. Padahal, pada setiap rukun wudlu mengandung makna  dan maksud yang amat dalam dan luar biasa hikmahnya (terlalu panjang untuk dibahas dalam tulisan yang singkat ini). Selain itu, pada setiap aktivitas dalam berwudlu terdapat permohonan kita kepada Allah SWT yang benar-benar akan memberi keselamatan kita di akhirat kelak. Secara ringkas, tulisan singkat ini sekedar mengingatkan
pada putra-putri didikku, sahabat-Sahabat, dan Saudara-Saudaraku yang lupa. Bersumber dari kitab Al-Adzkar,  Imam An-Nawawi.

1.  Ketika berkumur
Ketika kita berkumur kita memohon kepada Allah “Ya Allah berilah aku segelas minuman dari telaga Nabi Muhammad SAW agar tidak haus selama-lamanya sesudah itu.”
2.  Ketika memasukkan air ke lubang hidung
Ketika memasukkan air ke lubang hidung, kita memohon kepada Allah, “Ya Allah jangan Kau halangi aku untuk mencium harumnya nikmat dan surge-Mu.
3.  Ketika membasuh muka
Ketika membasuh muka, kita berdoa, “Ya Allah jadikanlah mukaku putih berseri pada hari ketika ada wajah putih berseri dan ada pula wajah yang hitam pekat.”
4.  Ketika membasuh kedua tangan
Saat membasuh ke dua tangan, doa yang kita panjatkan kepada Allah, “Berikan kepadaku catatan-catatan amal perbuatanku dengan tangan kananku, dan janganlah kauberikan catatan amal perbuatanku dengan tangan kiriku.”
5.  Ketika mengusap sebagian kepala
Ketika menyapu sebagian rambut (kepala) kita berdoa kepada Allah, “Ya Allah peliharalah rambut dan kulitku dari api neraka dan lindungilah aku dari Arsy-Mu pada hari ketika tidak ditemukan perlindungan kecuali perlindungan-Mu.”
6.  Ketika menyapu ke dua telinga
Saat mengusap telinga, kita memohon, “Ya Allah jadikanlah aku termasuk orang-orang yang memperhatikan nasihat dan mampu mengamalkannya dengan sebaik-baiknya.”
7.  Ketika akan membasuh kaki
Saat kita membasuh kaki, kita berdoa, “Ya Allah tetapkan kakiku agar tidak tergelincir di atas siroth (titian)”
8.  Ketika selesai berwudlu
Setelah semua aktivitas berwudlu kita lakukan, kita memohon kepada Allah dengan mengawalinya terlebih dahulu dengan membaca “Asyhaduallaa ilaaha illallahu wahdahu laasyariikalah, wasyhadu anna muhammadan abduhu warosuuluh.” Kemudian berdoa, “Ya Allah jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang tobat kepada-Mu dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang menyucikan diri,”

Semoga tulisan singkat ini memberi  manfaat yang besar kepada pembaca budiman, terutama putra-putri didikku, sahabat-Sahabat, dan Saudara-Saudaraku yang lupa. Amiin, amiin, amiin, ya Robbal ‘alamiin.

Plosossetro, 6 Mei 2011
Salam sayang selalu buat Anak dan Istriku tersayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar