Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 02 Juli 2011

Resume Materi Pembelajaran Kebahasaan

PRINSIP, DASAR, DAN ALTERNATIF PEMBELAJARAN KEBAHASAAN


  1. Prinsip pembelajaran kebahasaan

Sesuai dengan hakikat bahasa dan fungsi bahasa yang paling hakiki, pembelajaran bahasa berprinsip “ajarkanlah berbahsa, bukan tentang bahasa” , artinya dalam pembelajaran bahasa, seorang guaru harus lebih menekankan pelatihan-pelatihan penggunaan bahasa sesuai dengan factor-faktor penentu tindak komunkatif. (Apakah factor penentu tindak komunikataif itu?)


  1. Dasar-dasar pembelajaran kebahasaan

Hal-hal yang perlu dicermati dalam pembelajaran kebahasaan adalah bahwa pembelajaran kebahasaan itu
    1. dilaksanakan secara induktif dan deduktif,
    2. merupakan pelatihan pemahaman dan penggunaan bahasa yang bermakna, kontekstual, srta sesuai dengan tujuan dan keperluannya,
    3. mendukung kemampuan pemahaman dan penggunaan bahasa yang bermakana sesuai tujuan dan keperluan,
    4. merupakan kegiatan yang integral dan terpadu dari kemampuan pemahaman dan penggunaan bahasa,
    5. terpusat pada penggunaan bahasa secara fungsional dan bermakna sesuai dengan tujuan dan keperluan komunikasi,
    6. fungsionalitas kebermaknaannya ditentukan oleh pengetahuan sosiolinguistik dan latar wacana,
    7. tidak sepenuhnya menganut tahap-tahap pembelajaran seacara linguistic,
    8. memberikan kemampuan kepada saiswa untuk langsung menggunakan bahasa Indonesia yang pantas bagi dirainya, bagi orang lain, dan  lingkungannya.
    9.  
  1. Alternatif pembelajaran kebahasaan

    1. selaras dengan jenjang pendidikan,
    2. pelatihan kebahasaan dilangsungkan secara berjenjang,
    3. dilakukan setelah siswa dapat berkomunikasi secara fungsional, relevan, dan bermakna bagi dirinya dan orang lain,
    4. bermuara pada kemampuan pemahaman seacra fungsional, relevan, dan bermakna bagi dirinya dan orang lain,
    5. mengarah pada penciptaan pealuang menerapkan variasi bahasa,
    6. berlangsung dalam komunikasi Tanya jawab yang kontaekstual dan bermakna,
    7. bersifat selektif sesuai latar belakang kebahasaan, pengalaman kebahasaan, perbedaan bahasa, dan frekuensi pemakaian bahasa,
    8. berfokus pada cirri-ciri bahasa yang sifatnya semesta,
    9. didasarkan pada konteks yang fungsional,
    10. selalu dikaitkan dengan pemahaman dan penggunaan,
    11. mengajarkan pelafalan menuju pelafalan baku,
    12. mengajarkan ejaan dan tanda baca secara terpadu dengan pelajaran kosa kata, membaca dan menulis, mengajarkan aspek psikologi secara terpadu dengan pembelajaran lain,
    13. mengacu pada wacana yan g kontekstual, fungsional, dan bermakna,
    14. mengajarkan frasa, klausa, dan kalimat secara terpadu berdasarkan wacana yang kontekstual, fungsional, bermakna, serta bermanfaat bagi siswa dan lingkungannya.

Keterangan: Hal-hal yang belum dapat dimengerti atau dipahami, mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan lewat komentar pada blog ini atau melalui email saya dengan alamat: muhamadsubhan69@yahoo.co.id. Mohon maaf dan terima kasih. Semoga para mahasiswa dikaruniai Allah KESUKSESAN yang barokah, amiin. 
                                                                         Materi perkuliahan mata kuliah Pembelajaran kebahasaan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar