Selasa, 17 Agustus 2010

MOTIVASI BERIBADAH PUASA

MOTIVASI BERIBADAH DI BULAN SUCI
oleh Muhamad Subhan pada 17 Agustus 2010 jam 12:37

Begitu banyak motivasi yang diberikan oleh Rasulullah kepada umat yang amat disayanginya agar mau melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan ini. Hal yang amat sepele saja menjadi perhatian yang amat penting, misalnya aroma mulut orang yang berpuasa lebih harum dari minyak kasturi, tidurnya orang berpuasa adalah ibadah, sampai-sampai disabdakan bahwa surga itu menanti-nanti orang yang berpuasa. Besar sekali kasih sayang Rasul pada kita, umatnya. Ada apa di balik semua sabdanya? Tidak lain, agar diri kita ini benar-benar mau dan mampu memanfaatkan bulan yang merupakan hak Allah dalam memberi imbalannya ini. Sebuah kesia-siaan yang amat besar manakala kesempatan dan kesehatan ini tidak kita gunakan untuk mengisinya.

Motivasi-mptivasi dari Rasul kita itu bukan sekedar bujuk rayu akan tetapi mengandung sebuah kebenaran hakiki. Hati kita harus meyakini tanpa sedikit pun keraguan. Yang disabdakan Rasulullah adalah wahyu illahi. Oleh karena itu, janji-janji yang dsabdakannya bukan sebuah kepalsuan. Beraneka pahala untuk orang-orang yang berpuasa yang disabdakan Rosulullah akan kita buktikan kebenarannya kelak, WALLAHU A'LAM.

Dari semua itu yang paling esensial dalam melaksanakan amal ibadah, termasuk puasa Ramadhan, adalah yang kita jalankan harus didasari dengan keimanan dan keihlasan, atau hanya semata-mata mendapatkan ridlo-Nya. Tentang imbalan pahala hanya Allah yang akan menakarnya. Pahala atau imbalan itu urusan Allah, urusan kita adalah melaksankan perintah-Nya hanya karena-NYa, bukan karena yang lain. Tingkatan itulah yang harus kita capai seduikit-demi sedikit. Insyaallah bisa. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar